Sekolah Kaum Amish

1908455_10152396956746301_531777544035883571_n

Masih lanjut cerita Komunitas Amish di USA. Sekarang akan saya ceritakan dari segi pendidikan. Pendidikan bagi masyarakat di belahan dunia manapun merupakan sesuatu yang penting. Begitu juga bagi Komunitas Amish, mereka sangat percaya pentingnya pendidikan tapi hanya sampai pada pendidikan formal hingga kelas delapan atau setara Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Hal ini berdasarkan prinsip-prinsip agama yang dianut. Berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Amerika Serikat di tahun 1972, anak-anak komunitas Amish dibebaskan oleh negara bagian Ohio untuk tidak wajib hadir di sekolah setelah menyelesaikan tingkat delapan atau setara dengan SMP.

Pemandu tur Yoder’s Amish Home menjelaskan sebelum tahun 1950-an, tidak ada sekolah khusus untuk komunitas Amish. Pada mulanya anak-anak Amish bersekolah di sekolah umum yang lebih menekankan nilai-nilai dan kemampuan dasar. Akan tetapi lama kelamaan, sekolah-sekolah tersebut meluas menjadi terkesan lebih pada “duniawi”. Kemudian komunitas Amish mulai mendirikan sekolah khusus anak-anak Amish yang menggunakan sistem paroki atau parochial dengan sistem sekolah satu ruang di mana guru yang mengajar berasal dari komunitas Amish. Sebagian besar guru sekolah Amish adalah perempuan muda yang hanya beberapa tahun menyelesaikan pendidikan di sekolah. Mereka bergiliran mengajar sebagai seorang guru selama beberapa tahun sebelum menikah.

img_1778

Suasana di dalam ruang kelas di Sekolah South Trail Prochial

Kelas biasanya terbatas pada dua bagian-satu untuk siswa yang usia muda dimulai dari kelas 1 hingga 4 dan satu kelas untuk siswa yang lebih tua untuk kelas 5 hingga8. Lantai atas gedung sekolah akan dipisahkan dengan tirai, satu guru menangani satu kelompok sedangkan guru menangani kelompok lainnya. Guru ketiga mungkin diperlukan jika ada anak-anak dengan kebutuhan khusus. “Mereka biasanya bertemu di ruang bawah tanah. Para siswa yang lebih tua akan sering membantu dalam mendidik siswa yang lebih muda,” kata Mary.

Saat ini terdapat 175 sekolah paroki di wilayah Holmes, Wayne dan beberapa daerah sekitar Ohio dengan jumlah guru 350 orang yang mengajar 5000 siswa. Mata pelajaran yang diajarkan di sekolah Amish antara lain vokal, kosakata, mengeja, membaca, menulis, matematika, sejarah Amish dan nilai-nilainya, geografi, kesehatan, hafalan ayat-ayat Alkitab , Bahasa Jerman dan Bahasa Inggris.

Sekolah Amish berfungsi juga seperti sekolah lain. Mereka menjadi pusat kegiatan sosial kaum Amish mulai dari piknik hingga pertemuan orang tua atau guru untuk program sekolah. Para tokoh agama kaum Amish juga ingin para siswa mendemonstrasikan apa yang telah mereka pelajari seperti menyanyi, membaca cerita dengan suara keras. Anak-anak Amish pergi ke sekolah dengan berjalan kaki atau naik gerobak kuda, beberapa bahkan naik di atas pelana kuda. Seringkali, salah satu siswa yang lebih tua akan mengendarai kereta kuda berukuran besar dan singgah di rumah-rumah dalam perjalanan untuk  mengangkut anak-anak lain  ke sekolah

 

Di beberapa daerah Ohio Amish County, sekolah paroki tidak tersedia sehingga para siswa dikirm ke sekolah umum. Hal ini menjadi tantangan bagi beberapa anak-anak Amish karena mereka hanya berbicara Bahasa Jerman di rumah. Hampir semua anak-anak Amish tidak berbicara Bahasa Inggris sebelum mulai bersekolah.

Selain mendapatkan pelajaran di sekolah, anak-anak Amish juga diajarkan untuk mengerjakan pekerjaan tumah sejak kecil. Anak-anak perempuan diberi tugas membantu di dalam rumah seperti pekerjaan mencuci, memasak maupun membersihkan rumah. Sementara anak laki-laki membantu pekerjaan di peternakan dengan memberikan makan binatang.

 

 ***

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s