How To Get 10 Years Green Card?

Tidak terasa, dua tahun masa berlaku KTP Amerika alias green card sudah hampir expired. Lalu apa yang harus dilakukan selanjutnya? Remove Condition on Permanent Residence (ROC) adalah jawabannya.

Sedikit menapak tilas ke belakang, setelah mendapatkan K1-Fiance visa, saya pun menikah di Amerika Serikat dalam kurun waktu kurang dari 90 hari. Setelah menikah, untuk melegalkan status kependudukan saya di Negeri Paman Sam, saya pun mendaftar untuk mendapatkan KTP USA aka greencard. Prosesnya dikenal dengan Adjustment of status (AOS). Perlu diingat disini, untuk apply green card setelah menikah setahu saya memang tidak ada ketentuan jangka waktu tertentu. Namun, harus dilakukan secepatnya setelah menikah. Setelah menikah, status kita berada di “grey area”, legal tidak tapi tidak juga ilegal.

Continue reading

A Place We Call Home

april_2018-04-03-13-26-06-309Do you believe in fate, destiny or whatever you name it? If you ask me same question, I will answer,”Yes. I do,”

Kalau sudah jodohnya mah mau gimana, mau kemana juga pasti jodoh. Jodoh di sini tidak melulu mengenai pasangan. Akan tetapi jodoh menyangkut banyak hal. Salah satunya yang saya tulis di sini yaitu mengenai jodoh saya dan suami dengan rumah bernomer 6776. Continue reading

Di Balik Layar Kawin Campur

45359-marriage-choose-consciouslySenin pagi. Suara alarm membangunkan saya dari tidur. Nyawa pun belum sepenuhnya kumpul. Tangan meraba-raba mencari ponsel untuk mematikan suara alarm.  Setengah melek saya menatap layar ponsel. Dari deretan notifikasi aplikasi media sosial, terdapat satu notifikasi email dari pengirim yang namanya kurang familiar tertera di layar ponsel.

Saya yang penasaran langsung membuka email tersebut. Setelah membaca kalimat pertama, saya pun baru ngeh siapa pengirim email tersebut. Membaca deretan kata yang tertulis dalam bahasa Indonesia membuat kantuk yang sebelumnya masih  menggelayuti langsung hilang sekejap. Berikut isi email tersebut. Continue reading

Dasyatnya Reverse Culture Shock

36189118_10155538651896301_3374504926284611584_n

Pernah merasa terkaget-kaget dengan tingkah pola dan kebiasaan orang di tempat baru terutama saat kita berada di luar negeri? Nah kalau pernah merasa begitu maka kita merasakan apa yang disebut culture shock. Butuh waktu buat kita untuk menyesuikan diri. Lalu apa jadinya jika kemudian ternyata kita malah dengan mudah menerima budaya asing dan melebur dalam jiwa dan raga dan saat kita kembali ke negara sendiri malah merasa shock?

Saya pernah, pakai banget merasakan apa yang saya jabarkan di atas. Hal ini yang kemudian saya ketahui dengan istilah reverse culture shock. Bahkan salah seorang teman saya yang saya temui di Belanda, sempat menjadikan saya sebagai salah satu narasumber skripsinya terkait hal tersebut. Beberapa waktu lalu, salah seorang senior meminta saya untuk menuliskan pengalaman reverse culture shock untuk blognya, yang kemudian saya masukan juga di blog saya ini. Seperti apa sih reverse culture shock itu dan seberapa besar dampaknya bagi setiap individu dalam hal ini ya diri saya sendiri? Berikut kisahnya (halah berasa nulis dongeng).

Continue reading

Married An American

IMG_20171005_203303_000Dear Awesome Husband,

I fell in love with the most unexpected person on the most unexpected time.

I met you during the time when I thought I never need anything else in my life. I am already happy and contented then, without anyone special in my life. But I was wrong.

You prove it all wrong. When you came into my life, I never thought we make this far. You made me feel even happier than I thought I never could.

Marrying you was the best decision I have ever made in my life. Today, a year ago, was the day when I said “I do,” For the rest of my life to be with you in every moment.

One year has passed so quick. It seems just yesterday. I enjoyed every moment I spent with you. Our little fight, our naughty time, our adventure. I couldn’t wait for another years I will spend with you. You are my home. Your arms is the most comfortable place for me to be.

I love you, my husband, my best friend, my naughty lover, my number one supporter, my cuddle buddy, my partner in life and my everything.

October 5, 2017

Your Awesome Wife

Continue reading

Be An Aupair and Travel The World

Sejak kecil saya punya mimpi untuk bisa keluar negeri. Sayangnya, saya bukan berasal dari keluarga yang dengan mudahnya bisa mengelontorkan uang untuk sekedar jalan-jalan ke luar negeri. Saya sempat berpikir sepertinya hampir mustahil untuk bisa ke luar negeri mengandalkan uluran tangan kedua orangtua saya saja. But, nothing stop me from dreaming. Akhirnya kesempatan mewujudkan mimpi saya itu datang saat tengah terjebak dalam kubangan skripsi.

Beberapa sahabat saya sibuk berbicara mengenai “au pair”. Saya yang kepo pun segera bertanya kepada mbah google apa itu au pair. Au pair merupakan program pertukaran budaya untuk tinggal selama setahun di luar negeri bersama keluarga angkat. Program au pair juga memberikan kita kewajiban untuk bekerja sebagai nanny atau babysitter, menjaga anak-anak dari host family tempat kita tinggal. Banyak teman-teman saya yang berpikir kalau au pair sama saya seperti TKI, babu dan lain sebagainya.

Continue reading

Cita Rasa Berpuasa di Empat Benua

Ramadan-Blog-1024x757Puasa di bulan Ramadhan menjadi kewajiban bagi setiap umat muslim untuk melaksanakannya, dimanapun dia berada. Baru beberapa hari lalu bulan Ramadhan meninggalkan saya, semoga saya masih dipertemukan untuk bulan Ramadhan berikutnya dimanapun saya berada. Saat ini saya tengah berada di Cleveland, Ohio, Amerika Serikat. Sedikit menilik ke belakang beberapa tahun lalu, saya sempat mendapatkan kesempatan untuk merasakan bulan Ramadhan di beberapa negara dengan beberapa benua yang berbeda. Pengalaman antara satu dan lainnya sangat berbeda tapi tetap menjadi pengalaman yang menarik untuk saya. Continue reading

Segenggam Asa Mewujudkan “American Dream”

American dreams are strongest in the hearts of those who have seen America only in their dreams.”-Pico Iyer

Sudah delapan bulan lebih saya tinggal di Amerika. Kali ini tidak seperti persinggahan singkat saya di Belanda dan Australia. Sebelumnya saya hanya memiliki periode tinggal paling tidak hanya sampai setahun di negara Kincir Angin dan Negeri Kanguru tersebut. Menikah dengan warga negara Amerika, saya dan suami memutuskan untuk membangun keluarga kecil kami di negara asal suami. Buat saya, tinggal jauh dari negara asal bukan perkara besar karena selama beberapa tahun terakhir, saya mendapat kesempatan untuk tinggal atau sekedar berkunjung ke beberapa negara mulai dari Asia, Eropa, Australia, Amerika hingga Afrika. Continue reading

What’s Next After Green Card?

whats-next“What’s next after green card granted?”

Kira-kira pertanyaan itulah yang mucul di benak saya setelah sempat merasa sukacita akhirnya green card granted. Ternyata urusan administrasi tidak berhenti setelah saya mendapatkan green card, ada beberapa administrasi yang perlu update datanya. Selin itu ada beberapa administrasi lainnya yang tidak hanya terkait dengan administrasi di Amerika Serikat tapi juga terkait dengan administrasi di Indonesia yang perlu diurus. Berikut bberapa hal terkait dengan urusan administrasi yang saya lakukan setelah mendapatkan green card. Continue reading